Masak Ikan Kembung: Resep Pepes Ikan Kembung

Menjajal resep pepes ikan kembung tentu seru untuk dilakukan, sebab selama ini ikan jenis kembung hanya identik diolah dengan cara digoreng. Ikan kembung memang menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak disukai oleh masyarakat. Keunggulannya banyak, dimulai dari segi harga yang memang tergolong ekonomis dibandingkan ikan lain dengan ukuran sama. Selain itu resep untuk mengolahnya selalu simpel, ada yang cukup direndam bumbu ayam goreng lalu digoreng sampai garing.

Ikan kembung goreng dijamin sudah terasa nikmat manakala disantap bersama sambal dan nasi hangat. Murah meriah namun kaya nutrisi sekaligus memanjakan lidah, namun jika bosan dengan olahan ikan kembung goreng. Bisa mencoba masak ikan kembung dengan resep berbeda, sebagai saran silahkan mempertimbangkan dibuat pepes. Nantinya ikan kembung ini akan dibalur dengan bumbu kuning yang berlimpah. Kemudian dibungkus memakai daun pisang, lalu dikukus sampai setengah matang. Baru kemudian dibakar, aroma daun pisang membuat ikan kembung ini semakin menggoda selera.

Ikan kembung memiliki karakter bau amis yang khas sebagaimana jenis ikan pada umumnya. Hendak mengolah ikan ini menjadi pepes tentu butuh tips tersendiri agar bau amis hilang dan kualitas rasanya maksimal. Berikut tips yang patut untuk dicoba:

  1. Laminasi dulu dengan perasan jeruk nipis,

Bau amis pada ikan tentu perlu dihilangkan terlebih dahulu, maka pada saat hendak masak ikan kembung ini laminasi dulu. Paling mudah namun dijamin efektif adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Bisa pula diganti jeruk jenis lainnya misal jeruk sambal, dan diamkan sekitar 15 menit baru diolah.

resep pepes ikan kembung

  1. Gunakan berbagai jenis rempah,

Indonesia kaya akan berbagai jenis rempah yang tentunya bisa dipakai untuk mengolah pepes ikan kembung yang sedap dan bebas bau amis. Gunakan lebih banyak jenis rempah, biasanya untuk pepes ikan mempergunakan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan juga kemiri. Kunyit dan jahe menjadi jenis rempah yang dikenal sejak dulu efektif mengusir bau amis. Tidak hanya pada olahan ikan saja namun juga daging ayam dan daging jenis lainnya.

  1. Taburi dengan daun kemangi,

Daun kemangi memang identik dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan pepes. Masyarakat Jawa Barat selalu memasukan daun kemangi dalam olahan pepes jenis apapun, termasuk pepes oncom. Ikan kembung yang diolah menjadi pepes disarankan ditambahkan irisan daun kemangi. Nantinya bisa membantu mengusir aroma amis dari ikan kembung, sekaligus menciptakan sensasi segar ketika pepes masuk ke mulut.

  1. Pastikan ikan tertutup bumbu dengan sempurna,

Pada saat membuat pepes berbahan ikan kembung dan mengharapkan kualitas rasa yang sedap. Maka jangan pelit bumbu, dianjurkan menutup seluruh tubuh ikan dengan bumbu pepes yang terdiri atas berbagai jenis rempah. Bumbu yang melimpah membuat rasa dan aroma ikan semakin menggoda sekaligus dijamin bebas bau amis. Menariknya bumbu pepes yang berlimpah ketika disantap bersama nasi hangat dijamin sudah membuat ketagihan.

Baca Juga :  Resep Kulit Lumpia Basah dan Cara Membuat Kulit Lumpia

Pepes ikan kembung memberikan pilihan menarik agar tidak bosan dengan ikan kembung goreng. Hanya saja karena diolah dalam kondisi basah bau amis ikan kembung butuh perlakuan khusus. Sehingga ketika matang mampu menampilkan pepes ikan kembung yang bisa menggugah selera. Penting untuk memperhatikan tips di atas sekaligus membaca resep dengan seksama sehingga menekan resiko kesalahan.