Resep Kulit Lumpia Basah dan Cara Membuat Kulit Lumpia

Bagi pecinta kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan jajan tradisional berupa lumpia. Lumpia atau lumpia yang asal usulnya merupakan makanan dari Tionghoa memang cukup populer di beberapa daerah tertentu di Indonesia. Seperti di Semarang misalnya, lumpia menjadi oleh-oleh wajib jika Anda berwisata ke kota yang satu ini. Bentuk lumpia berupa lembaran tipis yang dilipat dan digulung-gulung dengan isian di dalamnya. Bisa berupa isian dari rebung, daging, telur, sayur cincang, udang, seafood, dan masih banyak lagi. Untuk membuat kudapan yang satu ini terbilang cukup mudah. Namun tak jarang juga yang mengeluh susah saat prakteknya. Terutama saat menerapkan resep kulit lumpia.

Seperti yang kita ketahui, kulit lumpia dibutuhkan untuk membungkus isian lumpia. Sehingga saat membuat kulit lumpia jangan yang mudah robek ataupun terlalu bertekstur tebal. Beberapa pemula banyak yang gagal saat membuat kulit lumpia yang pas untuk membuat lumpia basah. Hingga tak jarang akhirnya memilih untuk membeli kulit lumpia yang sudah jadi di pasaran. Terlepas dari itu, sebenarnya ada resep membuat kulit lumpia yang dijamin anti robek. Anda bisa mencoba dan membuktikan hasilnya langsung. Untuk resep lengkapnya, bisa disimak yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu berkualitas bagus
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdm minyak goreng atau mentega secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 300 ml air matang atau bisa juga dengan santan encer

resep kulit lumpia

Langkah pembuatan kulit lumpia basah:

  1. Siapkan wadah untuk untuk adonan, kemudian masukkan tepung terigu dan garam secukupnya di dalamnya.
  2. Sementara itu, pergunakan wadah lain untuk menaruh putih telur, kemudian kocok putih telur tersebut.
  3. Masukkan sebagian dari putih telur yang sudah dikocok ke dalam adonan tepung dan garam tadi. Aduk terus hingga adonan bisa tercampur merata.
  4. Masukkan air matang atau bisa juga santan encer ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Lakukan hal ini sembari mengaduk adonan hingga merata.
  5. Nyalakan kompor untuk memulai proses memasak, kemudian letakkan teflon yang sudah diolesi mentega di permukaannya agar adonan tidak lengket.
  6. Tuang adonan lumpia tipis-tipis dan mask hingga terlihat matang.
  7. Angkat dan tiriskan kulit lumpia yang sudah matang.
  8. Lakukan proses yang sama hingga adonan yang dibuat sudah dimasak semua.
  9. Dinginkan sebentar kulit lumpia sebelum digunakan untuk membungkus isian lumpia yang sudah disiapkan.
Baca Juga :  Resep Jagung Jasuke dan Bahan-Bahannya

Kulit lumpia yang sudah dibuat bisa digunakan untuk membungkus isian untuk 2 hingga 3 hari ke depan. Dengan catatan kulit lumpia di simpan dalam lemari es agar tekstur dan rasanya tetap segar saat digunakan. Saat menyimpannya, agar antara kulit lumpia satu dengan yang lainnya tidak menempel sempurna dan susah untuk dipisahkan, Anda bisa memberi alas atau sekat dengan potongan daun pisang atau selembar plastik. Gunakan wadah yang kedap udara untuk menyimpan kulit lumpia sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Untuk mengatasi kulit lumpia terlepas dari isian saat digoreng, Anda bisa menggunakan bahan perekat. Bahan perekat yang dimaksud disini adalah adonan campuran antara 1 sdm tepung maizena dengan sedikit air. Oleskan adonan ini saat lipatan terakhir membungkus kulit lumpia dengan isian. Nah, cukup mudah bukan cara pembuatan kulit lumpia seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!