Olahan Ayam Fillet: Nugget Ayam

Daging ayam merupakan jenis daging yang hampir semua orang suka. Daging ayam entah diolah menjadi ayam goreng, ayam bumbu kecap, ataupun menu ayam lainnya terbukti mampu menggugah nafsu makan. Olahan daging ayam lainnya yang juga cukup familiar bisa kita temui adalah nugget ayam. Nugget merupakan makanan penyelamat yang sering diberikan oleh ibu-ibu di kala anak rewel untuk makan. Umumnya nugget banyak kita jumpai di pasar maupun supermarket dalam bentuk kemasan makanan beku dengan berbagai varian rasa, bentuk dan bahan pembuatnya.

Jika si kecil senang mengkonsumsi nugget sebagai lauk pendamping makan sehari-hari, alangkah lebih baiknya ibu-ibu mulai membuat sendiri nugget untuknya. Karena nugget dalam kemasan umumnya mengandung bahan pengawet dan bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan anak. Selain itu, dengan membuat sendiri, ibu-ibu juga bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan memang yang terbaik untuk tubuh sang anak. Untuk membuat nugget terbilang cukup mudah, sehingga ibu-ibu tidak perlu khawatir untuk membuat olahan ayam fillet yang satu ini. Untuk resepnya, berikut ini ada sedikit panduan yang bisa dicontoh untuk membuat nugget dari ayam yang lezat dan si kecil pasti suka.

Bahan-bahan:

  • 300 gr daging ayam (fillet paha) yang sudah digiling halus
  • 3 butir telur ayam
  • 100 gr tepung roti
  • 100 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt merica

nugget ayam

Langkah membuatnya:

  1. Kocok 2 butir telur, kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula, kaldu bubuk, dan merica. Kocok-kocok hingga semua tercampur rata.
  2. Masukkan daging ayam giling dan aduk hingga rata.
  3. Buat adonan sesuai dengan selera. Bisa berbetuk bulat, memanjang, atau bentuk lainnya. Usahakan tidak mencetak adonan terlalu besar agar nanti saat digoreng bisa matang dengan sempurna.
  4. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
  5. Sembari menunggu nugget dikukus, siapkan tepung roti dalam wadah dan siapkan juga nampan kosong.
  6. Selain itu siapkan juga 1 butir telur untuk kemudian dikocok.
  7. Nugget yang selesai dikukus bisa didiamkan sebentar dengan suhu ruangan kurang lebih 10 menit.
  8. Balutkan nugget pada kocokan telur, kemudian angkat dang gulung-gulungkan ke dalam tepung roti hingga terbalut sempurna. Nugget yang sudah terbalut sempurna bisa Anda letakkan pada nampang kosong yang sudah disiapkan sebelumnya. Lakukan hal yang sama pada nugget yang sudah dikukus lainnya sebelumnya hingga selesai.
  9. Nugget yang sudah dibalut dengan tepung roti tersebut bisa disimpan sebentar dalam kulkas selama 20 menitan agar tepung roti bisa menempel dengan sempurna.
  10. Jika sudah selesai proses yang sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah menggoreng nugget tersebut. Goreng hingga nugget berwarna kuning keemasan.
  11. Proses pembuatan olahan ayam fillet menjadi nugget ayam selesai dan siap disajikan.
Baca Juga :  Kreasi Masakan Ayam khas Jawa Tengah

Cukup mudah bukan cara pembuatan nugget ayam dari yang sudah dipaparkan di atas?. Dan yang tak kalah penting, tentu anak bisa memakan nugget yang lebih aman dan bebas dari bahan pengawet. Agar si kecil juga bisa mendapatkan nutrisi yang seimbang, ibu-ibu juga bisa berkreasi membuat nugget dari ayam dengan dicampur bahan-bahan lain yang menyehatkan. Seperti misalnya dengan menambahkan campuran sayur-sayuran pada nugget yang dibuat. Bisa berupa sayur wortel, bayam, brokoli, dan masih banyak lagi.