Inilah 4 Jenis Keju yang Paling Enak dan Banyak Dicari

Bagi Anda penikmat kuliner yang berbahan keju, Anda harus mengetahui jenis keju yang paling enak dan paling populer saat ini. Keju memang telah menjadi bahan penambah rasa yang cocok pada berbagai jenis masakan. Produk olahan susu ini memiliki rasa yang asin, gurih, dan lembut. Ada banyak makanan yang menggunakan keju sebagai bahan dasar ataupun sebagai bahan penambah cita rasa saja.

Beberapa makanan tersebut diantaranya kue kering, bolu, salad buah, burger, pizza, macaroni, dan lain-lain. Bagi penikmat keju, menikmati berbagai olahan keju memang sangat nikmat disantap dalam berbagai momen. Namun jangan salah, keju memiliki beberapa jenis yang berbeda karakteristik maupun penggunaannya. Apa sajakah jenis keju tersebut?

Inilah 4 Jenis Keju yang Paling Enak dan Paling Banyak Dicari

  1. Keju Parmesan

Jenis KejuPernah mencicipi jenis keju yang satu ini? Rasanya gurih, memiliki aroma dan cita rasa yang kuat, namun tidak terlalu tajam. Biasanya keju parmesan disantap dalam bentuk bubuk sebagai taburan keju pada berbagai macam makanan. Contoh makanan yang banyak menggunakan keju parmesan adalah spaghetti dan pizza.

Bentuk aslinya bundar seperti drum dengan kulit luaran warna kuning pucat. Tapi meskipun bentuknya kecil, harga keju parmesan ini cukup mahal lho! Hal ini karena proses pembuatan dan pengolahannya membutuhkan waktu hingga dua tahun sampai bisa layak dikonsumsi. Keju jenis ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 14.000 hingga ratusan ribu rupiah.

  1. Keju Cheddar

Jenis KejuKeju ini pasti sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Keju cheddar biasanya menjadi bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis makanan, khususnya kue. Keju ini memiliki warna yang bervariasi, tergantung dari usianya. Keju cheddar yang berwarna putih gading dan tekstur sedikit lunak berarti masuk dalam kategori keju muda.

Sementara keju cheddar yang berwarna kuning Keju ini memiliki kadar lemak sekitar 48% sehingga teksturnya sedikit lebih keras dibandingkan jenis keju lain dan tidak mudah meleleh. Oleh karena itu, keju cheddar sering menjadi topping pada berbagai makanan seperti pizza, macaroni, dan kue kering. Dari segi harga, keju cheddar juga relatif lebih ramah di kantong karena bisa dibeli dari harga Rp 5.000 sampai ratusan ribu rupiah.

  1. Keju Mozzarella

Jenis KejuAnda pernah mencicipi ayam geprek mozzarella? Ya, keju mozzarella saat ini memang sangat terkenal di Indonesia. Keju yang lembut dan lunak ini sering dijadikan topping di berbagai makanan. Hal ini karena keju mozzarella sangat lembut dan mudah meleleh sehingga paling nikmat disantap saat masih hangat.

Jangan terkejut dengan bentuknya, karena keju yang memiliki tekstur lembut dan rasa asin yang tidak terlalu kuat ini seringkali mirip dengan tahu putih. Dengan menambahkan keju mozzarella sebagai topping, Anda pasti akan tergugah untuk segera mencicipi makanannya. Dari segi harga, keju ini bervariasi dari mulai harga belasan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

  1. Keju Edam

Jenis KejuUnik dan berbeda. Itulah ciri khas dari keju edam ini. Bentuknya bulat dan memiliki kulit luar berwarna merah seperti apel. Keju edam juga tidak berbau dan memiliki rasa yang lembut di lidah. Sama halnya dengan jenis keju lainnya, keju edam banyak digunakan pada topping makanan dan campuran buah. Keju ini juga bertekstur semi lunak, bercita rasa asin gurih, dan memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan jenis keju lainnya. Untuk menikmati keju edam, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 500.000 saja.