Bolu Kukus: Cara Membuat Bolu Tape

Kue menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Hampir setiap provinsi memiliki jenis kue tradisionalnya masing-masing. Diantara beberapa kue yang terbilang cukup banyak digemari dan mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia adalah kue bolu. Kue yang satu ini biasanya sering kita jumpai pada penjual jajanan pasar, saat acara pernikahan, tasyakuran, khitanan, dan jenis kegiatan lainnya. Biasanya bolu jenis ini lebih sering diolah dengan cara dikukus. Untuk membuat bolu yang dikukus ini, sama seperti proses pembuatan kue pada umumnya, dimana bahan-bahan yang diolah harus dihaluskan dan dicampur rata dengan pemixer. Anda bisa berkreasi membuat kue bolu mekar, bolu tape, dlsb. Cara membuat bolu tape maupun bolu mekar juga terbilang cukup simple untuk dipraktekkan.

Untuk membuat bolu tape, tentu bahan utama seperti tape tidak boleh ketinggalan. Tape yang digunakan adalah tape yang berasal dari fermentasi singkong atau yang biasa disebut tape singkong. Bahan yang satu ini cukup mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional karena memang cukup sering digunakan oleh beberapa orang untuk membuat berbagai variasi makanan dan minuman. Sebut saja seperti jus tape, wedang tape, kolak tape, campuran dalam es buah, pudding tape, cake tape, dlsb. Rasa manis pada tape bisa dimanfaatkan untuk menggantikan peran gula dalam membuat cita rasa makanan atau minuman yang manis. Untuk cara membuat bolu kukus dengan bahan tape terbilang cukup simple. Karena pengolahannya dengan cara dikukus, tidak memerlukan alat khusus seperti oven. Untuk cara membuatnya bisa disimak yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gr tape singkong
  • 4 butir telur ayam
  • 120 gr gula pasir
  • 200 gr tepung terigu
  • ¼ sdt garam halus
  • 5 sdm margarin leleh
  • 1 sdm pengemulsi kue
  • 1 sdm susu kental manis yang coklat
Baca Juga :  Aneka Olahan Tahu yang Biasa Dijadikan Makanan Ringan

Cara membuat bolu tape

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Siapkan tape terlebih dahulu. Hilangkan serat-serat pada tape kemudian haluskan dengan sendok. Sisihkan tape yang sudah halus pada wadah yang sudah Anda siapkan.
  2. Haluskan gula pasir, telur, dan pengemulsi kue dengan mixer sampai terlihat mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu dan garam halus, kemudain aduk hingga merata.
  4. Masukkan margarin leleh dan juga tape yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk kembali hingga merata.
  5. Ambil adonan kira-kira 2 sendok sayur dan campur dengan susu kental manis coklat pada suatu wadah untuk membuat adonan warna coklat. Aduk hingga merata.
  6. Untuk memulai proses memasak, tuang adonan putih ke dalam loyang kue yang sudah dioles dengan mentega sebelumnya. Tuang sebanyak 2 sendok sayur saja untuk adonan putihnya. Kemudian baru tuang dengan adonan coklat yang sudah dibuat tadi. Terakhir tuang sisa adonan putih seluruhnya yang masih ada.
  7. Kukus adonan kue bolu kukus tape selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
  8. Setalah matang, bolu tape siap untuk disajikan.

Bagaimana, cukup mudah bukan resep membuat bolu tape yang sudah dipaparkan di atas?. Agar tampilan terlihat semakin cantik dan menarik, Anda bisa membuat kreasi tampilan yang berbeda-beda saat menuang adonan dalam loyang kue. Tunggu apalagi untuk mencoba resep kue yang satu ini. Selain simple pembuatannya, bahan-bahannya juga terbilang mudah ditemukan di sekitar kita. Dan yang pasti kudapan yang satu ini juga cocok menemani waktu santai di sore hari sambil ngeteh.