Aneka Olahan Tahu yang Biasa Dijadikan Makanan Ringan

Tahu adalah jenis makanan yang terbuat dari kedelai. Tahu dan tempe biasanya selalu dijadikan lauk makan di setiap rumah di Indonesia. Siapa yang belum pernah makan tahu dan tempe? Gak mungkin ya orang Indonesia belum pernah makan hasil olahan kedelai ini. Kecuali kalau SIapa yang suka tahu dan tempe? Nah, mungkin ada sebagaian orang yang tidak begitu suka tahu. Atau tidak begitu suka tempe. Tapi yang jelas, orang Indonesia pasti kenal dengan tahu.

Tahu diolah dari bahan dasar kacang kedelai yang diproses dengan melakukan pengendapan atau penggumpalan. Dengan bahan penggumpal, Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu Tahu mempunyai kandungan protein yang cukup besar, sekitar 30 sampai 45%,  Jika kita bandingkan dengan kandungan protein pada daging atau telur, tahu jelas lebih besar. Kandungan protein pada daging hanya sekitar 19%, ikan lebih tinggi dari daging dengan protein kira-kira 20%  dan telur hanya 13% saja proteinnya.

Murah meriah tapi bergizi tanggi, protein dari tahu ini mampu menjadi penunjang nutrisi dalam kegiatan harian. Di Indonesia sendiri, selain dijadikan lauk pauk, tahu merupakan jenis bahan makanan yang dapat dikreasikan menjadi camilan.

Bicara mengenai camilan atau makanan ringan nih, orang Bandung selalu juara untuk menciptakan camilan baru yang bisa terkenal keberbagai daerah. Misalnya sebut saja seblak, cimol, cireng dan lalin-lain. Awalnya makanan ringan tadi hanya ada di Bandung, tapi sekarang semua daerah sudah mencicipi cemilan lezat kota kembang ini.  Nah, Kira-kira untuk aneka olahan tahu, inovasi jajanan apa saja sih yang bisa kita cemal-cemil? Berikut ulasannya :

  1. Tahu brintik

Di Bandung ada yang namanya Tahu Brintik. Jajanan unik ini cocok dinikmati disaat perut kamu mulai ada tanda kelaparan. Maksudnya cocok banget dijadikan makanan penunda lapar.  Tahu Brintik sendiri  berbahan dasar Tahu sumedang yang di goreng dengan tepung. Setelah matang, goreng tahu ini di lumuri dengan mayonnaise dan juga seperti saus sambal. Seperti sosis bakar yang biasa kta lihat, tapi ini tahu. Rasa Tahu Brintik ini adalah pedas dan manis. Kalian Penasaran? Hmm, coba jalan-jalan ke daerah BTC Pasteur, Bandung dijamin sekali coba pasti kamu ketagihan deh.

  1. Tahu jeletot

Ah udah gak asing lagi kan sama tahu jeletot? Yups! Tahu Jeletot ini sudah ada dimana-mana. Tahu yang berisi sambal pedas ini popular diantara jajanan lain. Seperti tahu isi, yang akan membuat kalian melotot saat memakannya ini berisi sambal. Tahu Jeletot biasanya menjadi cemilan buat kalian pecinta pedas. Tahu hot jeletot ini pada dasarnya adalah tahu yang diisi toge, dilumuri adonan tepung, lalu digoreng. Bedanya, selain toge, didalam tahu jeletot ada tambahan isi seperti irisan wortel, irisan kol, dan tentu saja sambal cabai yang njeletot.

  1. Tahu gejrot

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon. Jajanan tahu yang terbuat dari tahu kopong ini digoreng dan disajikan dengan ulekan cabai dan ada kuah gulanya. Resep tahu gejrot, sebelum dicampur dengan bumbu, biasanya sang penjual Tahu Gejrot ini mengulek bawang merah dan juga cabe rawit di atas cobek kecil lalu tahu goreng dipotong kecil-kecil dan air gula nya digejrot keatas tahu. Wow, mantap!

  1. Tahu Bulat

Ini juga camilan yang ada dimana-mana. Sampai ada juga bentuk digitalnya, game Tahu Bulat. Dengan suara “Tahu Bulat, di goreng dadakan, lima ratusan”. Tahu Bulat adalah salah satu dari aneka olahan tahu yang unik. Kita kenal memang biasanya berbentuk kotak tapi tahu bulat punya bentuk tahu yang berbeda. Bentuknya bulat dan kosong. Tahu bulat diolah dengan cara digoreng garing dan sangat enak disajikan hangat. Biasanya di sajikan dengan bubuk cabai di atasnya.

Baca Juga :  Resep Jagung Jasuke dan Bahan-Bahannya